Monday 2 February 2015

CEMJARSOL “Cemburu Jaringan Sosial” apakah itu SAYA???


Seperti yang kita ketahui  sangat banyak jaringan social yang telah mendunia.  Mulai dari facebook, twitter, whatsApp, BBM, instagram, path, friendster,  eskimi, mxit  bahkan banyak lagi jaringan social popular lainnya.   Jaringan social tersebut tentu saja memiliki dampak positif dan negative . dampak positifnya antara lain dapat memperluas pergaulan, menambah ilmu pengetahuan  melalui komunitas-komunitas yang ada didalamnya,  sebagai sumber informasi, sebagai media promosi, dan sebagai pengisi waktu luang, baik itu karena jenuh maupun karena banyak pikiran
Sedangkan dampak negative nya , jaringan social dapat menimbulkan kecanduan sehingga saat tak  berhubungan dengan jaringan social hari-hari akan terasa kosong ataupun hampa, pikiran menjadi tak tenang, gelisah dan rasa ada yang kurang (saya juga rasa hehe) Selain itu pada jaringan social terdapat gambar-gambar yang tak senonoh dan tak pantas untuk dilihat. Pada orang yang kecanduan nge-Game akan rela duduk berjam-jam didepan layar  sehingga lupa akan waktu.  Bahkan yang paling parah,  dijaringan social adalah meningkatnya virus CEMJARSOL “Cemburu Jaringan Sosial”.
CEMJARSOL yang dimaksud disini bukanlah cemburu terhadap jaringan socialnya. Tetapi pada orang yang menggunakan jaringan social tersebut.  Dijaringan social seseorang bisa mendapat banyak informasi mengenai seseorang . Seperti aktivitas like,  kenalan, pertemuan, undangan dan juga informasi emosional. Selain itu memata-matai setiap saat dan secara diam-diam juga memungkinkan.
Salah satu akibat buruk  dari CEMJARSOL yaitu mengakibatkan retak atau putusnya suatu hubungan. Sebab tak bisa kita pungkiri bahwa jejaring social terutama facebook merupakan sarana yang cukup ampuh bagi  penggiat selingkuh.  Dalam suatu hubungan  percintaan , cemburu merupakan suatu unsur yang memang dibutuhkan.  Banyak yang mengatakan kalau cemburu itu "bumbu-bumbu cinta". Tapi bagaimana jika cemburu itu terlalu berlebihan? Tentu akan berakibat buruk.  Bahkan dari kecemburuan di jejaring social banyak hujatan, hinaan, makian , bahkan cacian yang mesti diterima seseorang. Pemicu cemburu yang paling besar adalah saat melihat koment-koment-nan seseorang yang kita suka (misal saja pacar) dengan orang lain di wall-nya, apalagi sama seseorang yang tidak kita sukai ataupun seseorang yang paling dicemburui ( Wah kalau seperti ini gawat nie, bisa-bisa HP pecah, laptop ditendang, sakit hati melangit, jantung udah retak-retak hehehe). Selain itu kadang rasa curiga timbul saat seseorang terlalu sering menggunakan facebook atau jaringan sosial lainnya. Bahkan yang terparahnya mematikan obrolan untuk orang-orang tertentu saja. Ya alasannya supaya tidak kelihatan kalau sedang aktif sehingga bebas ber-Chatingan dengan orang lain. Hal ini tentu saja dapat menghilangkan kepercayaan terhadap seseorang. Jadi tidak salah jika terjadi hecker facebook secara besar-besaran dikarenakan kecemburuan jaringan social tadi.
Cara untuk mengatasi CEMJARSOL menurut pemikiran saya yaitu:
1. Jangan terlalu sering membuka jaringan sosial
2. Jangan terlalu sering melihat status seseorang di jaringan social
3. Gunakanlah jaringan social untuk sesuatu yang bermanfaat.
4. Bersifat cuek terhadap jaringan social akan lebih baik jika hanya menimbulkan sakit hati.
5. Tidak isi pulsa, itung-itung pengurang kecanduan jaringan social
6. Pergi ketempat tidur,lempar HP,  ambil bantal, ambil selimut, tidur deh hehehe
Sekian dulu postingan dari saya…

Terima kasih...
Selasa, 2 Januari 2015

No comments :

Post a Comment